Selasa, 20 Desember 2016

Olahraga Mata Untuk Kesehatan

Selain melatih lengan, kaki, perut, serta dada untuk kebugaran fisik, Mata juga nyatanya bisa dilatih demi kebaikan indera penglihatan. Terbukti tidak semua ahli sepakat bahwa olahraga mata (eye-robics) bisa menolong mempertahankan penglihatan. Bakal namun, makin tidak sedikit spesialis terapi pengamatan percaya senam mata setiap hari bisa membikin mata sehat.
 
Olahraga Mata Untuk Kesehatan

Logika di balik terapi pengamatan ini merupakan bila Kamu bisa merusak sistem pengamatan sebab kebiasaan mengerjakan sesuatu dalam jarak dekat, berarti Kamu bisa memulihkannya, kata Steven Ritter, O.D., dari State University of New York College of Optometri di New York City.

Spesialis terapi pengamatan alias vision therapist bisa meresepkan hingga kurang lebih 280 macam latihan. Tidak satu pun bisa menanggulangi persoalan pengamatan semua orang. Bakal namun tidak ada salahnya bila kami mencoba berbagai di antaranya.

1.Membaca koran dari jauh

Apabila pekerjaan mengwajibkan kami duduk di depan komputer selagi berjam-jam, cobalah yang berikut ini: Tempelkan satu halaman koran pada dinding yang tidak lebih lebih berjarak 2,5 meter dari tempat kami biasa duduk. Hentikan pekerjaan kami setiap kurang lebih sepuluh menit untuk mengarahkan pandangan ke koran tadi. Berusahalah membaca tulisan di koran itu. Kemudian lihat lagi layar komputer kami . Kerjakan ini berulang-ulang, masing-masing selagi 30 detik, kurang lebih enam kali dalam satu jam. Latihan ini bisa menolong menghindari kekaburan yang tidak jarang dialami oleh para operator komputer di penghujung hari kerja.

2. Melempar bola ke dinding

Berdirilah pada jarak kurang lebih satu hingga satu setengah meter dari suatu  dinding yang kosong, menghadap ke arah dinding. Minta seorang kawan berdiri di belakang kami kemudian melontarkan suatu  bola tenis ke dinding. Ketika bola itu memantul dari dinding, cobalah menangkapnya. Latihan ini bisa menolong menambah koordinasi tangan/matakita .

3. Membaca jempol sendiri

Acungkan jempol kami sejauh-jauhnya. Buat gerakan melingkar, huruf X serta tanpa +, dekat serta jauh dengan cara bergantian. Ikuti dengan mata kami a. Sementara itu, usahakan meringkus bayangan ruangan dalam medan pandangan kami setidak sedikit mungkin. Semakinkan latihan ini dengan sebelah mata tertutup. Ulang dengan sebelah mata yang lain. Ini bisa menambah pengamatan periferal kami .

4. Mengikuti sorotan lampu senter
Latihan yang membahagiakan ini bisa menambah performa kami mengikuti suatu  benda dengan mata. Latihan ini memerlukan seorang kawan serta dua buah lampu senter. Berdirilah di suatu  ruangan yang gelap, menghadap ke dinding. Mintalah terhadap kawan kami supaya menyorotkan lampunya ke dinding serta menggerakkannya dengan gerakan menyapu membentuk suatu  gelombang. Dengan lampu senter yang kami pegang, ikuti lingkaran cahaya itu sambil berusaha menyeimbangkan suatu  buku yang diletakkan di atas kepala. Dengan begini kami terpaksa mengikuti gerak cahaya dengan mata, tanpa menggerakkan kepala.

5. Membaca bola

Tulis sejumlah huruf alias angka pada suatu  bola softball alias bola dari styrofoam, pasang suatu  kaitan, kemudian gantung bola itu pads langit-langit dengan seutas tali. Makin kecil tulisan , makin susah latihan ini. Ayunkan bola itu. Cobalah menyatakan huruf alias angka yang kami lihat. Latihan ini menolong kami masih terampil mengikuti benda bergerak dengan cara fokus.

6. Membikin untaian manik-manik

Latihan ini melatih kedua mata supaya terpusat ke suatu  benda sasaran. Ini juga melatih otak untuk memakai kedua mata dengan cara beruama-sama. Ambil benang sepanjang kira-kira 180 cm, masukkan ke dalam celah tiga buah manik-manik yang memiliki warna tidak sama. Ikat salah satu ujung benang ke dinding dengan ketinggian sejajar mata, sedangkan ujung yang lain kelak kami pegang di depan hidung. Geser salah satu manik-manik ke ujung dekat dinding, tempatkan manik-manik kedua pada jarak kurang lebih 120 cm dari hidung, sedangkan yang ketiga pada jarak kurang lebih 40 cm dari hidung.

Arahkan pandangan kami ke manik-manik yang paling jauh. kami bakal menonton bayangan dua buah benang membentuk huruf V dengan manik-manik sebagai pusat. Pindahkan arah pandangan kami ke manik-manik di tengah. Perhatikan huruf X yang terbentuk oleh bayangan benang dengan manik-manik tengah sebagai pusat. Kemudian pindahkan lagi pandangan kami ke manik-manik paling dekat, serta saksikan huruf X yang serupa. Pindahkan pandangan kami dari manik-manik sate ke yang lain dengan cepat, serta jangan lupa memperhatikan huruf V alias X yang terbentuk.

Apabila kedua mata kami bekerja sebagai suatu  tim, kami rutin wajib menyaksikan dua bayangan benang saling menyilang ketika memusatkan perhatian kami ke salah satu manik-manik. Apabila mata kami tidak bekerja sama,kita bakal menyaksikan pola-pola yang tidak sama alias hanya suatu  benang.