Jumat, 17 Januari 2020

Tips Membaca Cepat

Coba pikirkan mengenai seberapa tidak sedikit kamu membaca setiap hari. Mungkin kamu membaca koran untuk mengenal apa yang sedang terjadi di Indonesia alias dunia. Kamu menelusuri email yang tidak terhitung jumlahnya dari rekan-rekan. Kemudian kamu juga mungkin membaca buku, laporan, proposal, majalah, dan surat-surat yang membentuk hari-hari anda.

Tips Membaca Cepat

Ketika kamu mengingat faktor tersebut, membaca bisa menjadi keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan yang paling tidak jarang kamu gunakan! Membaca juga merupakan keterampilan dimana tidak sedikit dari kami meperbuatnya sejak kami menginjak usia 12 tahun.

Seusai semua itu, apabila kami bisa membaca dan memahami textbooks, apakah kami telah menjadi pembaca yang baik?

Mungkin tidak, dan mengingat waktu membaca tidak jarang dikonsumsi dalam kenasiban kami sehari-hari, maka membaca menjadi keterampilan yang utama wajib kami miliki dan tingkatkan.
Tapi untuk menjadi pembaca yang lebih baik, apa yang wajib dilibatkan?

Menjadi pembaca yang lebih baik berarti terus cepat dan efisien dalam membaca, tanpa mengurangi intisari dari apa yang kamu baca. Pada postingan ini, kami bakal melihat bagaimana kamu bisa meperbuat faktor ini, dan bagaimana kamu bisa melupakan kebiasaan membaca lama kamu yang tidak lebih baik.

Bagaimana Kami Membaca
Meskipun kamu menghabiskan sebagian waktu kamu setiap hari dengan membaca, apakah kamu sempat berpikir bagaimana tutorial kamu membaca?

Bagaimana mata kamu memahami bentuk huruf, dan kemudian menempatkan huruf-huruf tersebut bersama untuk membentuk sebuah kalimat yang bisa kamu mengerti?

Ketika Kamu sangatlah berpikir mengenai faktor ini, membaca menjadi keterampilan yang lumayan kompleks. Sebelumnya, para ilmuwan percaya bahwa ketika kamu membaca, kedua mata Kamu terfokus pada huruf tertentu dalam kata. Penelitian terakhir menunjukkan faktor seperti itu tidak terjadi.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa masing-masing mata kamu mengunci ke huruf yang tidak sama pada saat yang sama, biasanya dua karakter terpisah. Otak kamu kemudian memadukan huruf-huruf tersebut bersama-sama untuk membentuk sebuahkata. Faktor ini terjadi hampir seketika.

Keuntungan Membaca Cepat
Tidak sedikit orang membaca pada tingkat rata-rata 250 kata per menit. Ini berarti kamu menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku alias dokumen.
Tetapi, bayangkan apabila kamu bisa memperbanyak tingkatan kamu menjadi 500 kata per menit. Kamu bisa dengan cepat membaca semua konten tersebut dalam separuh waktu. Kamu kemudian bisa memakai waktu yang dihemat untuk tugas-tugas lain, alias mengambil berbagai menit ekstra untuk bersantai.

Keuntungan penting lainnya dari membaca cepat merupakan kamu bisa lebih memahami struktur keseluruhan dokumen. Faktor ini menghasilkan pemahaman yang “lebih besar”, dimana kamu bisa memperoleh keuntungan untuk pekerjaan dan karier anda.

Catatan:
    Membaca cepat merupakan keterampilan yang berkegunaaan dan berharga. Tetapi, mungkin ada saat-saat tidak tepat ketika memakai teknik ini. Umpama, membaca dokumen yang sangat penting dimana kamu butuh membaca dengan perlahan, jadi kamu bisa sepenuhnya memahami setiap detail.

Memecahkan Kebiasaan Membaca yang Tidak lebih Baik

Apabila kamu seperti tidak sedikit orang, maka kamu mungkin mempunyai kebiasaan membaca yang memperlambat anda. Menjadi pembaca yang lebih baik berarti bagaimana menanggulangi kebiasaan kurang baik tersebut, jadi kamu bisa membuka jalan baru, yaitu tutorial yang manjur untuk membaca.
Di bawah ini merupakan berbagai kebiasaan umum membaca yang tidak lebih baik, berikut diskusi mengenai apa yang bisa kamu perbuat untuk menanggulanginya.

Sub-Vokalisasi
Sub-vokalisasi merupakan kebiasaan mengucapkan setiap kata di kepala kamu saat kamu membacanya. Tidak sedikit orang meperbuat faktor ini hingga batas-batas tertentu.

Bila kamu meperbuat sub-vokalisasi, kamu “mendengar” kata yang diucapkan dalam pikiran anda. Ini membutuhkan waktu lebih tidak sedikit daripada yang diperlukan, sebab kamu sebetulnya bisa memahami kata lebih cepat dari yang kamu katakan tersebut.

Untuk mematikan suara di kepala anda, kamu wajib terlebih dahulu memahami bahwa faktor ini terjadi pada anda, kemudian kamu wajib berlatih “tidak berbicara”. Ketika Kamu duduk untuk membaca, katakan terhadap diri sendiri bahwa Kamu tidak bakal meperbuat sub-vokalisasi. Kamu butuh berlatih ini hingga kebiasaan kurang baik ini hilang. Membaca sekumpulan kata juga bakal menolong, sebab susah untuk menyuarakan sekumpulan kata.

Dengan menghapus sub-vokalisasi saja, kamu bisa menambah kecepatan membaca dengan jumlah yang mencengangkan. Apabila tidak, kamu terbatas pada membaca pada kecepatan yang sama seperti berbicara, yaitu kurang lebih 250-350 kata per menit. Satu-satunya tutorial untuk menerobos hambatan ini merupakan untuk berhenti berbicara kata-kata di kepala kamu saat kamu membaca.

Membaca Kata Demi Kata
Bukan hanya lambat untuk membaca kata demi kata, tetapi ketika kamu berkonsentrasi pada kata kata yang terpisah, kamu tidak jarang kehilangan konsep keseluruhan dari apa yang dimaksud. Orang yang membaca setiap kata sebagai unit yang tidak sama bisa tidak lebih memahami dibanding mereka yang membaca lebih cepat dengan “mengumpulkan” bersama-sama kata-kata dalam satu blok. (Pikirkan mengenai bagaimana mata kamu bergerak saat kamu membaca postingan ini, apakah kamu sangatlah membaca setiap kata, alias kamu membaca blok dari dua, tiga, alias lima kata?)
Berlatihlah membutuhas jumlah kata yang bisa kamu baca pada sebuahwaktu. Kamu juga bisa menemukan bahwa kamu bisa menambah jumlah kata yang bisa kamu baca dengan memposisikan teks sedikit lebih jauh dari mata anda. Terus tidak sedikit kata-kata yang bisa kamu baca di setiap blok, terus cepat kamu bakal membaca!

Gerakan Mata yang Tidak Efisien
Pembaca yang lambat cenderung fokus pada setiap kata, dan bekerja mendefinsikanmaksudnya pada setiap baris. Mata bisa menjangkau kira-kira 3 cm pada satu waktu, dimana rata-rata meliputi empat alias lima kata. Terkait dengan faktor ini, maka kenyataannya merupakan sebagian besar pembaca tidak memakai pengamatan tepi mereka untuk melihat kata-kata di ujung setiap baris.

Untuk menanggulangi faktor ini, “lunakkan” pandangan kamu ketika membaca – dengan merelaksasi wajah dan membutuhas pandangan anda, kamu bakal mulai melihat blok kata-kata bukannya melihat setiap kata sebagai unit yang tidak sama. Ketika kamu mulai terbiasa dalam faktor ini, mata kamu bakal melewati halaman per halaman menjadi lebih cepat dan lebih cepat.

Ketika kamu telah mendekati akhir baris, biarkan pengamatan tepi kamu mengambil alih untuk melihat set terakhir dari kata-kata. Dengan tutorial ini kamu bisa dengan cepat memindai dan turun ke baris berikutnya.

Regresi
Regresi merupakan membaca kembali materi yang tidak diperlukan. Kadang-kadang orang masuk ke dalam kebiasaan membaca kembali ke kata-kata yang baru saja mereka baca, sementara, di lain waktu, mereka mungkin melompat kembali berbagai kalimat, hanya untuk memastikan bahwa mereka telah membaca sesuatu yang benar. Ketika kamu mundur seperti ini, kamu kehilangan ajaran dan struktur teks, dan pemahaman kamu terhadap materi dengan cara keseluruhan bisa menurun.

Berilah perhatian pada persoalan regresi ini, dan tidak membiarkan diri kamu untuk membaca kembali materi kecuali apabila sangatlah diwajibkan.
Untuk mengurangi jumlah mata kamu melompat kembali, gunakan pointer sepanjang garis yang kamu baca. Ini bisa berupa jari, alias pensil. Mata kamu bakal mengikuti ujung pointer kamu dan bakal menolong kamu menghindari melompat-lompat kembali ke belakang. Kecepatan kamu membaca memakai metode ini bakal sangat tergantung pada kecepatan kamu menggerakkan pointer.

Konsentrasi yang Lemah
Apabila kamu mencoba untuk membaca sambil melihat TV, kamu bakal tahu alangkah susahnya untuk berkonsentrasi pada satu kata, apalagi pada tidak sedikit rangkaian kalimat. Membaca wajib diperbuat dalam lingkungan di mana gangguan eksternal dijaga supaya masih minimum.
Untuk menambah konsentrasi saat kamu membaca, berhenti meperbuat multitasking (meperbuat 2 alias lebih aktivitas saat bersamaan) saat membaca, dan hilangkan setiap gangguan. Faktor ini sangat penting, sebab ketika kamu memakai teknik mengumpulkan blok kata-kata dengan cara bersama-sama dan berhenti meperbuat sub-vokalisasi sambil meperbuat aktivitas lain, kamu mungkin menemukan bahwa kamu telah membaca berbagai halaman sebelum menyadari bahwa kamu tidak memahami sesuatu dengan benar.

Perhatikan “gangguan internal” juga. Apabila kamu mengingat-ngingat sebuah diskusi luar biasa, alias apabila kamu bertanya-tanya apa yang bakal kamu buat untuk makan malam, faktor ini juga bakal membatasi performa kamu untuk memproses informasi.
Sub-vokalisasi sebetulnya memaksa otak kamu untuk memberi perhatian apa yang kamu baca, dan itulah mengapa orang tidak jarang berbicara bahwa mereka bisa membaca dan melihat TV pada waktu yang sama. Tetapi untuk menjadi pembaca yang efisien, Kamu butuh menghindari faktor ini.

Membaca linear
Kita diajarkan untuk membaca ke samping dan ke bawah, memantau setiap kata, kalimat, paragraf dan halaman dengan cara berurutan.

Ketika kamu meperbuat faktor ini, kamu bakal mengeluarkan perhatian yang sama baik untuk materi inti maupun materi tambahan. (Tidak jarangkali lebih tidak sedikit info yang disaapabilan lebih dari yang sangatlah kamu butuh tahu).

Atasi faktor ini dengan memindai judul pada halaman, dan dengan mencari poin-poin dan kata-kata dalam huruf tebal. Tidak ada aturan yang berbicara bahwa kamu wajib membaca dokumen sesuai yang diharapkan penulis, jadi pindai dengan cepat, dan putuskan apa yang diperlukan dan apa yang tidak. Hanya beri perhatian pada materi-materi kunci.
Ketika kamu membaca, cari catatan kecil yang penulis tambahkan untuk membikin tulisan mereka luar biasa. Apabila Kamu memperoleh poin ini, maka tidak butuh untuk membaca conto-contoh. Demikian pula, putuskan apa yang butuh kamu baca ulang. Bakal jauh lebih baik untuk membaca satu paragraf penting dua kali daripada membaca delapan paragraf pada konsep yang sama.

Kunci Berhasil Membaca Cepat
Mengenal “bagaimana” membaca cepat hanya langkah pertama. Kamu wajib berlatih untuk menguasainya dengan baik. Berikut merupakan berbagai trik yang bakal menolong kamu menghentikan kebiasaan membaca yang tidak lebih baik dan menguasai keterampilan membaca cepat seperti telah dibahas di atas.
  • Latihan, latihan, latihan – Kamu wajib memakai kepandaian tersebut dengan cara teratur. Kamu telah menghabiskan waktu berbagai tahun untuk belajar membaca, dan pasti saja bakal memakan waktu untuk menambah performa membaca anda.
  • Pilih materi yang mudah untuk mengawali – ketika kamu mulai belajar membaca cepat, jangan memakai textbook yang menantang. Bacalah sesuatu seperti novel alias majalah, yang kamu bisa nikmati dan pahami dalam satu kali baca.
  • Materi yang tepat – tidak semua yang kamu baca tepat untuk dibaca dengan cara cepat.
  • dokumen legal, draft laporan tahunan, alias bahkan surat yang kamu terima dari orang yang dicintai – semua ini lebih baik dibaca dengan cara keseluruhan tergolong metode sub-vokalisasi.
  • Apabila kamu butuh memahami maksud dengan sepenuhnya, mengingat informasi, mendiskusikan dengan cara rinci, menganalisis dengan cara menyeluruh, alias sekedar menikmati prosa dengan tutorial penulis maksudkan, maka membaca cepat merupakan pendekatan yang salah. (Di sini, butuh untuk memilih taktik yang tepat dalam membaca sebelum kamu mulai).
  • Gunakan pointer alias alat lainnya untuk menolong mendorong kecepatan membaca kamu – ketika kamu dengan cepat hebat sebuah kartu yang dipakai sebagai alat bantu ke tahap bawah halaman, alias menggerakkan jari kamu bolak-balik, kamu memaksa mata kamu dan otak untuk mengikuti.
  • Ambil satu langkah ke belakang dan gunakan struktur materi tersebut – ini tergolong memperoleh info dengan cara cepat mengenai layout teks, mencari kata-kata yang dihuruf tebal, judul, sub judul, dan mencari cara-cara di mana penulis meperbuat transisi dari satu topik ke topik berikutnya.
  • Ketika kamu mulai belajar membaca cepat, merupakan bijak untuk membandingkan dengan kecepatan membaca kamu saat ini. Dengan tutorial ini kamu bisa memkabarhu apakah latihan kamu berhasil alias tidak, dan kamu memperoleh kesan positif dari kawan-kawan dan keluarga kamu ketika kamu memkabarhu mereka bahwa kamu sekarang bisa membaca lebih cepat.
Poin Penting
Membaca cepat merupakan keterampilan yang bisa dipelajari dan sebagian besar bakal menghapus kebiasaan tidak lebih baik yang kamu pelajari sejak awal kamu belajar membaca. Menjadi pembaca cepat sebetulnya bukanlah tujuan utamanya, melainkan kamu ingin menjadi pembaca yang lebih efisien.

Ada berbagai teknik keren yang bisa kamu gunakan ketika berlatih membaca cepat, tergolong membaca blok kata-kata, dan menghapus kebiasaan sub-vokalisasi.

Apapun teknik yang diterapkan, kamu rutin wajib paham sebelumnya tujuan membaca kamu dan putuskan apakah membaca cepat merupakan pendekatan yang paling tepat.
Bila diterapkan dengan benar dan dipraktekkan dengan cara cermat, membaca cepat dengan cara signifikan bisa menambah efektivitas keseluruhan waktu anda, sebab memungkinkan kamu untuk bekerja lebih efisien di area lain.